RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII / 2
Standar
Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk erinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.
Indikator : 1.2.1.
Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi
informasi.
1.2.2. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih
1.2.3. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
1.2.4. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :
3.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.
Indikator : 3.1.1.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan
memberi informasi.
3.1.2.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima
kasih
3.1.3.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
3.1.4.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.
Tema : Going
Shopping
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu :
2 X pertemuan (4 X 40 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada
akhir pelajaran siswa dapat;
1.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi
informasi.
2.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan ucapan terima
kasih.
3.
Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
4.
Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
5.
Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan
pendek sederhana.
Pertemuan 2
1.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta maaf.
2.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan yang
menyatakan kesantunan.
3.
Merespon ungkapan meminta maaf.
4.
Merespon ungkapan yang menyatakan kesantunan.
5.
Menggunakan ungkapan meminta maaf.
6.
Menggunakan ungkapan yang menyatakan kesantunan.
B.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
o
Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh; A :
Have you got…….?
B : Yes, I
have/ No, I haven’t
A : How much is it?
B : It is Rp. 40,000
o
Ungkapan terima kasih
Contoh; A :
Thank you.
B : You’re
welcome.
o
Kosa
kata
o
Nouns : things in the shop
o
Number : one, two, million, thousand, hundred,
Pertemuan 2
o
Ungkapan meminta maaf
Contoh; A :
I’m sorry.
B :
It’s okay.
o
Ungkapan
yang menyatakan kesantunan
Contoh; A : Please . . . !
B :
All right, thanks.
o
Kosa
kata
o
Verbs :
borrow, give, come, point, show,
take, help.
o
Nouns ;
things outside the classroom and at home
C.
Metode
dan Teknik :
Direct
method (metode guru
menjelaskan)
Total
Physical Response
(untuk pengenalan kosa kata baru)
Games-going
shopping (untuk
pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.Kegiatan
Pendahuluan
·
Tanya jawab mengenai Going Shopping yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi
yang harus dikuasai siswa
B. Kegiatan Inti
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi Going
Shopping yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru.
Memperhatikan
penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan Going
Shopping.
Bermain game pendahuluan untuk
menunjang keberhasilan game Going
Shopping
Menggunakan game bernama Going Shopping sebagai media pembelajaran, dan sumber belajar.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Membantu
menyelesaikan masalah;
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Memberikan
penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan
memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih.
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
2
A.
Kegiatan awal
o
Greetings,
checking for the roll
o
Pre-test,
review
B. Kegiatan inti
1. Siswa menebak arti kata kerja (borrow,
give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns
outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam
bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh;
Come here, please! Show me the school
yard, please! Point at the refrigerator!
3. Siswa mendengarkan contoh dialog
tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
4. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang
makna dan fungsi ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
5.
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan meminta
maaf dan ungkapan kesantunan.
6.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta
maaf dan ungkapan kesantunan..
7.
Siswa bermain peran untuk melakukan dialog bersasarkan kartu
peran.
Contoh;
Student A : Kartu 1 (bunyi:
Anda butuh pinjaman uang ke temanmu)
Student B : Kartu 2 (bunyi:
Anda tidak punya uang)
Contoh
dialog;
A :
Excuse me.
B : Yes.
A : Can I borrow your money?
B : I’m sorry. I have no money.
A : That’s okay.
C.
Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk
memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi dan kesan terhadap
pelajaran yang baru saja dijalani.
2.
Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog
berisi ungkapan meminta dan memberi informasi, serta ungkapan rasa terima
kasih.
- Sumber
Belajar
a.
Contoh dialog/ungkapan-ungkapan secara lisan
b.
Game yang sudah dirancang terlebih dahulu
- Penilaian
a.
Teknik : Pertanyaan lisan
b.
Bentuk : Penugasan ( Lisan dan performance)
c.
Instrumen :
Siswa melakukan tanya jawab tentang
barang-barang belanjaan seperti permainan di atas.
Uraian
|
Skor
|
Setiap
jawaban benar, tata bahasa benar, pilihan kata tepat dan lafal benar
Setiap
jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat dan lafal benar.
Setiap
jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat dan lafal benar
Setiap
jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat.
Setiap
jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah
Tidak ada
jawaban
|
10
8
6
4
2
0
|
Curup,
September 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Rio
Mahendra
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar